tata cara order

ready stok projector angel eyes hid untuk semua motor bisa request mode dan spesifikasi

Monday, May 25, 2015

spesifikasi, tipe projector, dll mempunyai kharakter berbeda sesuaikan dengan kebutuhan

masing2 tipe projector mau OEM ato aftermarket mempunyai kharakter yg berbeda....kharakter berbeda ini dilihat dr segi output sorotan sinar pada malam hari

pembahasan kita kali ini ke projie OEM

banyak yg tanya sms / whatsapp / BBM. "gan sy mau pasang projie OEM paling bagus apa ya? saya awam"
setelah dijawab bla2..bla2.. diberikan pernyataan "gan kata temen  projie yg paling bagus FXR"

kadang sy dalem hati suka bilang uda awan tp so tau he3... projie FXR pertama itu projie replika FX, huruf R artinya replica, pabrikan china paling banyak bikin tiruan. apakah projie FXR itu bagus, bisa saja dibilang bagus klo kharakternya cocok dengan yg make. klo ga cocok ya tentu dibilang jelek.

dari pengalaman pribadi waktu pertama kali projie FXR keluar thn 2008 saya sudah pake dan diretrofit ke kijang innova hasilnya saya kurang puas karena foregound jauhnya. ( titik pertama jatuhnya sinar ditanah itu terlalu jauh dari bemper bisa 5meteran jadi ada blankspot dari bemper depan mobil sejauh kurang lebih 5meter)

nah klo saya ga suka kharakter seperti itu...kharakter yg saya suka sinar harus langsung jatuh didepan bemper jadi tidak ada blankspot, tp ada juga org yg suka kharakter seperti itu dan bisa ditutup jarak blanskpot itu dengan lampu bawah ato lampu foglamp.

itu salah satu kharakternya, kharakter ke2 seperti projie sorotan sangat lebar tapi jauhnya kurang, pada jaman itu banyak dikeluhkan oleh pemakai projie grand vitara.

kharakter ke 3 sorotan garis beam patern projie saya kenapa ga tajem, tajem ato ga garis itu dari lensa yg dipake biasanya ga tajem lensanya fresnel ada corak ulir ato kulit jeruk, klo yg garisnya tajem menggunakan lensa clear lens. kebanyakan OEM bawaan menggunakan lensa fresnell tp bisa diupgrade ke clear lens dengan dicari persamaannya.
knp projie OEM banyak menggunakan lensa fresnel ya krn kharakterya dibuat seperti itu dan mempunyai tujuan tertentu.

klo dilihat bentuknya aja sudah berbeda dari masing2 projector tentu klo dipasang ke headlamp bobokannya jg pasti beda2 mempunyai tingkat kesulitan berbeda

projie oem terbagi 2 macem ada yg singel beam dan bixenon hilow. projector bixenon umumnya besar2 dan berat ada solonoidnya dibagian bawah projector sehingga klo retrofit ke headlamp motor yg tempatnya pas2an susah, klo singel beam bentuk projectornya lebih slim lebih gampang diretrofit

contoh projie oem lexus rx330 dan rx300



















projie mempunyai lensa cembung, lensa cembung tersebut bisa di swap atau diganti dari fresnelke clear lens


















pada saat penggantian lensa harus ada spacer yg disesuaikan dengan jarak fokus













pengalaman pribadi dari pembuatan macem2 projector






untuk kawasaki Z1000 pertama kali dibikin menggunakan projector singel beam 2buah kanan kiri hanya bisa low beam. high beam tidak bisa untuk perjalanan dalam kota lebih dari cukup, sorotan terang lebar dan jauh. seiring waktu itu motor sering dipake touring jalan malam hari...terasa perlu high beam akhirnya di bongkar diganti projector sebelahnya dengan yg bisa hilow.
karena kebetulan ada stok projector mazda cx5 saya pakai punya cx5 dengan upgrde clearlens.









Post a Comment